Promosi Pariwisata dengan Media Sosial
Pengembangan pariwisata berkelanjutan merupakan isu penting dalam industri pariwisata saat ini. Sektor pariwisata merupakan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan devisa yang besar serta menciptakan lapangan kerja yang mudah dan murah. Pengembangan pariwisata tidak terlepas dari strategi pemasaran sebagai upaya pencitraan dengan membangun destinasi pariwisata yang memadai, dukungan fasilitas pariwisata, ketersediaan aksesibilitas dan komponen yang tidak boleh dilupakan yaitu peran serta masyarakat. Pemasaran pariwisata menjadi salah satu komponen penting dalam pembangunan pariwisata. Pemasaran pariwisata bertujuan untuk mengupayakan agar sebuah destinasi atau produk pariwisata laku untuk dijual kepada konsumen sehingga tujuan pariwisata dalam hal ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar tercapai. Pemasaran pariwisata ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial atau bisa juga menggunakan jasa social media marketing untuk mempromosikannya, dengan memperhatikan media iklan yang sesuai dengan target pasar yang dijadikan sasaran pada sebuah obyek wisata yang dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan dan meningkatkan tourist retention untuk berkunjung.
Perkembangan teknologi komunikasi sebagai sumber utama informasi dan hiburan juga berdampak pada pergeseran budaya bersosialisasi. Fitur-fitur pada sosial media saat ini menjadi media komunikasi yang paling diminati oleh para pengguna teknologi komunikasi. Sosial media merupakan fenomena terbaru yang memainkan peran penting dalam pemasaran sebuah produk atau layanan sebuah perusahaan. Perkembangan penggunaan sosial media tidak lagi hanya sekedar bentuk eksistensi diri individu saja namun sudah merambah sebagai media promosi di dunia bisnis, salah satunya yaitu: jasa social media management
Selama ini social media hanya digunakan sebagai interaksi dan komunikasi pelanggan dengan perusahaan, namun belum secara serius digunakan sebagai alat untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan. Sosial media dianggap sebagai media promosi yang efektif dan berbiaya rendah untuk mengelola hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Kelebihan sosial media sebagai media interaktif memberikan pengalaman menarik dalam berkomunikasi, karena pengguna media dapat secara aktif ikut berinteraksi terhadap konten informasi yang diberikan. Kecenderungan wisatawan saat ini mulai beralih ke media sosial untuk membantu merencanakan perjalanan mereka, terlebih lagi sudah menjadi sumber inspirasi besar bagi calon wisatawan yang akan melakukan perjalanan wisata.
Komentar
Posting Komentar